ASAL USUL CAPTCHA


Bagi yang suka daftar akun baru untuk jadi member atau anggota baru di suatu website atau sebuah situs, Atau untuk mengisi formulir pendaftaran ataupun formulir komentar pada sebuah website. Pada bagian akhir pengisian pasti sering ketemu donk beberapa digit angka yang tercantum pada gambar, atau megisi hasil penjumlahan dan pengurangan sederhana seperti 9+1=?, 7-4=? atau rangkaian huruf dalam gambar, huruf besar ataupun kapital, dsb. Apaan tu namanya? Itulah yang disebut CAPTCHA.

Contoh CAPTCHA:

Keliatannya sih sepele namun hal ini mereka lakukan sebagai verifikasi bahwa anda bukanlah robot atau mesin. CAPTCHA merupakan kepanjangan dari “Completely Automated Public Turing test tell Computer and Human Apart”. Wah, singkatan berbahasa inggris yg panjang ini rasanya sulit untuk dihapal apalagi diartikan, terutama bagi ane yang minim bhs inggrisnya. Arti dalam bahasa indonesia kurang lebih “Uji Publik yang Terotomatisasi Penuh untuk Membedakan Komputer dan Manusia.” Kenapa harus dibedain segala? Mari simak asal mula captcha dibikin…

Captcha mulai dipopulerkan sejak banyaknya weblogs di internet. Weblogs umumnya menyediakan fasilitas interaksi antara Blogger (pembuat blog) dan Pengunjung melalui pengisian komentar. Karena populernya Weblogs, media komentar ini sering dimanfaatkan untuk menaikkan popularitas website-website baru. Memang sampai sekarang cara ini tetap terbukti ampuh untuk menaikkan link popularity sebuah website. Hal ini awalnya memang bukan masalah, tapi setelahnya weblogs mulai dibanjiri komentar-komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel yang ditulis, juga iklan-iklan yang datang secara terus menerus tanpa henti.

Perilaku aneh ini adalah ulah si robot spam, sebuah program otomatis yang dibuat untuk mengirimkan pesan/iklan secara terus-menerus ke formulir komentar di website-website yang mempunyai rating tinggi di internet. Robot spam juga diciptakan untuk mendaftarkan jasa email gratis secara otomatis. Spam juga seringkali mengirim pesan-pesan berupa sponsor ke alamat email. Apabila isi kotak masuk email anda dipenuhi pesan-pesan iklan yang datang terus menerus bisa dipastikan itu adalah ulah spam. Untuk itulah perlu adanya solusi yang bisa membatasi robot-robot brutal ini agar tidak terus beraksi. Untuk itulah captcha dibuat. Lalu kenapa robot spam tidak mampu menjawab tes captcha sedang manusia dapat melakukannya dengan mudah?

Angka atau huruf yang tertera di sebuah file gambar bagi komputer merupakan kode pixel warna yang sangat banyak jumlahnya, sehingga untuk menguraikannya (oleh Robot Spam) membutuhkan waktu yang sangat lama, belum lagi apabila tercampur dengan backgroundnya yang dibuat meliuk-liuk merintangi tulisan, sehingga hampir bisa dikatakan tidak mungkin bagi Robot Spam untuk menebak karakter apa yang tertera pada sebuah gambar. Sedangkan manusia dapat dengan mudah melihat dan segera menuliskan karakter yang tertera tersebut (kadang-kadang sulit juga sih..), atau melakukan proses perhitungan seperti penjumlahan atau pengurangan. Melalui tes ini akhirnya dapat dibedakan antara manusia dan mesin.

FUNGSI CAPTCHA

1. Mencegah comment Spam

pada umumnya Pemilik Blog tidak hanya ingin komment blognya terlihat bagus dalam kuantitas tapi tentu kualitas , tp gak tau kalo adminnya sendiri yang spam (bum)

2. Mencegah Spam Bot

Tau sendiri Kan bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap . tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri

3. Mencegah Flood

Siapa Yang Ingin Dia di Flood? kecuali flood like (hug) tp kalau flood kata kata yang tidak pantas banyak lagi (vomit)

4. Melindungi Pendaftaran Email (khusus webmail)

Dulu Pernah Kejadian Yahoo dan google diserang semacam robot yang mendaftar email ampe ribuan! kebayang gak? ribuan mail palsu , pasti om google dan mpok yahoo marah.

Sumber: http://forum.viva.co.id/iptek/469041-asal-muasal-captcha.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s