PENGEMIS BUTA


Seorang pengemis buta yang masih anak-anak duduk di pinggir jalan yang ramai dilalui oleh orang-orang. Di dekat kakinya ada sebuah kotak sumbangan dengan tulisan “Tolong bantu aku yang buta ini.” Pengemis buta yang masih muda itu telah duduk menanti uluran tangan dari orang-orang yang melewati jalan itu dari sejak matahari terbit, namun sampai siang hari hanya ada beberapa koin di dalam kotak

 Seorang pria tua sedang berjalan di jalan itu kemudian menghampiri si pengemis muda. Ia mengambil beberapa koin dari sakunya dan menjatuhkannya ke dalam kotak sumbangan. Dia kemudian mengangkat kotak sumbangan itu lalu menulis sesuatu di situ. Dia meletakkan kembali kotak sumbangan sehingga setiap orang yang lewat akan melihat kata-kata baru.

Segera kotak mulai terisi. Semakin banyak orang yang memberi uang kepada si anak buta,  bahkan lebih banyak daripada sebelumnya. Sore itu pria tua yang telah mengubah tulisan di kotak sumbangan datang kembali, si anak buta merasa mengenali suara langkah kakinya dan bertanya, “Apakah Anda orang yang mengubah tulisan di kotak saya? Apa yang Anda tulis?”

 Pria tua itu berkata, “Saya hanya menulis kebenaran. Aku mengatakan apa yang Anda katakan tetapi dengan cara yang berbeda.”

 Apa yang pria tua itu tulis adalah: “sepertinya hari ini adalah hari yang indah namun sayang saya tidak bisa melihatnya.”

 Apakah menurut Anda tulisan yang pertama dan yang kedua sama saja ? Tentu tidak…

Kedua tulisan memang memberitahu orang-orang bahwa anak itu buta. Tapi tulisan pertama hanya mengatakan bahwa anak itu buta. Sedang tulisan kedua mengatakan kepada orang-orang bahwa mereka sangat beruntung bahwa mereka tidak buta.

Menyampaikan kebenaran memang penting, Namun CARA kita menyampaikan kebenaran kadang-kadang lebih penting dari kebenaran itu sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s